Berbagi Pengalaman Hidup

Jumat, 01 Mei 2009

Manusia Ditakdirkan Untuk Hidup Bersama


Hidup akan menjadi indah manakala kita selalu berbagi satu sama lain, berbagi itu sangat bagus karena merupakan suatu kemujaraban dalam mengatasi berbagai kebutuhan hidup manusia yang bersifat materi/jasmaniah/lahiriah seperti rumah untuk tempat berlindung, sandang dan pangan maupun kebutuhan yang sifatnya non material /rokhaniah/spiritual seperti pembinaan bidang keagamaan serta pendidikan dalam arti luas.

Dalam kehidupan manusia itu selalu ada keluarga, masyarakat dan negara, karena itu pula hidup bersama selalu terdapat organisasi yang artinya adanya pembagian tugas dan petugas, kemudian petugas satu sama lainnya itu bekerjasama gait-menggait untuk mencapai suatu tujuan yaitu kebahagiaan. Mengapa demikian? Karena pada kodratnya manusia itu tidak bisa hidup sendiri, mereka senantiasa memerlukan pertolongan orang lain /tolong menolong satu sama lain, bergotong royong, bekerja sama untuk mencapai tujuan hidupnya tadi. Kalau ada orang yang hidup sendirian di hutan itu hanya dalam dongeng, misalnya cerita anak-anak mengenai Robinson Crusoe. Tentu saja manusia dalam menjalani kehidupan itu banyak sekali memerlukan kebutuhan yang kalau diambil garis besarnya adalah kebutuhan fisik/jasmaniah/material dan non fisik/non material material/rokhaniah

Saya teringat pendapat dosen saya Prof.Soediman Kartohadiprojo, SH, (alm 1969) beliau mengatakan: “Manusia itu ditakdirkan untuk selalu hidup bersama”, pendapat ini lebih tepat dan lugas dibandingkan pendapat para akhli barat zaman dulu yang cukup mengatakan bahwa “man is a social and a political being” (manusia itu selalu hidup bersama/tidak dapat hidup sendirian dan selalu berorganisasi).

2 komentar:

  1. asik begitulah janten ulah hidup sendiri wae ok?

    BalasHapus
  2. Sayang, sekarang nilai2 kehidupan bersama mulai terkikis dengan pemahaman-pemahaman sempit orang-orang tertentu maupun institusi-intitusi tertentu yang mulai mementingkan kepentingan pribadi atau golongannya. mudah-mudahan kita yang masih komit dengan kebersamaan ini, akan terus memberi diri dalam bentuk apaun disekitar kita, sehingga khalayak dapat merasakan bahwa hidup berdampingan dengan damai, adalah sesuatu yang indah dalam hidup ini.

    salam hormat,
    Patri - YD0MFW

    BalasHapus